IPK tinggi? Tidak Sulit Kok!

oleh | Mar 29, 2016

IPK cumlaude? Ya, idaman setiap mahasiswa. Akan tetapi untuk mencapai IPK cumlaude atau minimal 3,0 bukanlah hal yang mudah bagi sebagian mahasiswa. Akan tetapi, pada prinsipnya, meraih IPK tinggi tidaklah sulit jika mahasiswa mau berusaha dan tentunya memenuhi kriteria apa saja supaya mendapatkan nilai A atau B pada setiap mata kuliah yang diambil. Berikut beberapa tips untuk meraih IPK tinggi (diolah dari berbagai sumber).

  1. Mantapkan Niat. Ya, segala sesuatu berawal dari niat. Niatilah dengan sekuat hati untuk meraih IPK tinggi bahkan cumlaude.
  2. Rajin Belajar, Ngampus, Nugas & Praktikum. Tips klasik, tetapi justru hal ini tidak boleh terlewatkan pada setiap waktu.
  3. Aktif di Kelas Ataupun di Luar Kelas. Aktif dikelas/diluar kelas akan menambah tingkat kemampuan penalaran dan pengetahuanmu, ingatlah dosen memberi nilai akhir bukan hanya berdasar lembar jawab ujian saja, ada banyak faktor disana.
  4. Say No to Cheat. Hal klasik yang tidak boleh dilakukan oleh setiap pembelajar.
  5. Aktif Berorganisasi. Akan terlalu sibuk jika disambi organisasi? jawabannya adalah tidak. Seorang mahasiswa organisatoris justru pintar membagi waktu kuliah, organisasi/kegiatan dan refreshing.
  6. Atur waktu dan Pikiran. Jangan sampai otak berasa budrek, aturlah ritme beban otakmu sehingga otak dapat berjalan optimal.
  7. Atur urusan Kampus & Main dengan Bijak. Hal ini yang biasanya sulit dilakukan karena kebanyakan mahasiswa cenderung ingin main terus. Selesaikan dahulu semua tugas kampusmu, setelah itu pikniklah sebagai rewardmu telah menyelesaikan tugasmu.
  8. Bentuk Kelompok Diskusi. Diskusi adalah media paling optimal untuk berbagi ilmu antar mahasiswa. Bentuklah forum diskusi dan manfaatkan sebaik mungkin.
  9. Seringlah Konsul ke Dosen. Hal inilah yang jarang dilakukan oleh mahasiswa. Ketahuilah, dosen sangat menghargai mahasiswa yang ingin berkonsultasi dengannya tentang masalah perkuliahan. Syukur-syukur, nanti mahasiswa yang rajin konsultasi akan diajak proyek-an oleh dosen yang tentunya dapat menambah uang saku.