Abdiel Bellamy Thomas Raih Medali Perunggu di Seoul International Invention Fair

oleh | Des 7, 2023

Semarang, 7 Desember 2023 – Prestasi gemilang kembali diraih oleh mahasiswa Matematika Universitas Diponegoro, Abdiel Bellamy Thomas, dalam ajang Seoul International Invention Fair. Abdiel bersama timnya dari Fakultas Sains dan Matematika berhasil memenangkan medali perunggu dalam kompetisi pameran hasil penelitian yang digelar di Seoul, Korea Selatan.

Tim yang terdiri dari Bryant Andhika Prayoga (S1 Kimia), Alexander Juan Radhitya R.R.P (S1 Kimia), Zahra Carissa Alhalim (S1 Kimia), Uswatun Khasanah (S1 Kimia), Abdiel Bellamy Thomas (S1 Matematika), dan Elde Mercyano Santoso (S1 Matematika) mengikuti ajang tersebut dengan penuh semangat. Mereka mempresentasikan hasil penelitian berupa instrumen Microbial Fuel Cell (MFC) yang mampu menghasilkan listrik dengan menggunakan bahan baku yang unik, yaitu cangkang telur dan ragi.

Inovasi ini tidak hanya memenangkan hati juri, tetapi juga mencuri perhatian pengunjung pameran yang datang dari berbagai negara. “Kami merasa bangga dapat menghasilkan suatu inovasi yang tidak hanya kreatif tetapi juga berdampak positif terhadap lingkungan,” ujar Abdiel Bellamy Thomas.

Microbial Fuel Cell (MFC) yang mereka kembangkan merupakan solusi ramah lingkungan untuk menghasilkan energi listrik. Dengan memanfaatkan cangkang telur dan ragi, tim ini berhasil menciptakan alat yang efisien dan mudah diakses.

Ketua Departemen Matematika, Dr. Susilo Hariyanto, S.Si., M.Si., menyampaikan apresiasi tinggi atas prestasi yang diraih oleh tim mahasiswa tersebut. “Prestasi ini bukan hanya kebanggaan bagi Universitas Diponegoro, tetapi juga mencerminkan kualitas dan potensi mahasiswa kita dalam menghadapi tantangan global di dunia penelitian dan inovasi.”

Dengan meraih medali perunggu di Seoul International Invention Fair, Abdiel Bellamy Thomas dan timnya membuktikan bahwa semangat inovasi dan keunggulan akademis mahasiswa Universitas Diponegoro mampu bersaing di tingkat internasional. Keberhasilan ini semakin memotivasi para mahasiswa untuk terus berkontribusi dalam dunia penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Selamat kepada Abdiel Bellamy Thomas dan tim atas pencapaian luar biasa ini!