Mahasiswa Matematika UNDIP Raih Medali Perunggu di 2nd International Education Innovation Competition

oleh | Mei 28, 2025

Pada tanggal 19-20 Mei 2025, lima mahasiswa dari Program Studi Matematika Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang 2nd International Education Innovation Competition yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Sultan Idris, Tanjung Malim, Perak, Malaysia. Mereka berhasil meraih medali perunggu atas inovasi mereka yang berjudul “SLA-MATH: A Fun and Interactive Game for Understanding Mathematics.”

Keterangan Informasi
Nama Acara 2nd International Education Innovation Competition
Waktu 19-20 Mei 2025
Tempat Universitas Pendidikan Sultan Idris, Tanjung Malim, Perak, Malaysia

Inovasi yang dikembangkan oleh tim mahasiswa Matematika UNDIP ini bernama SLA-MATH, singkatan dari Snakes and Ladders of Mathematics. SLA-MATH merupakan sebuah alat pembelajaran berbasis gamifikasi yang memodifikasi permainan ular tangga menjadi media pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan dan interaktif. Dengan pendekatan ini, konsep-konsep matematika dapat dipahami dengan cara yang lebih menarik dan mudah dicerna oleh para pelajar.

Berikut adalah daftar anggota tim mahasiswa Matematika UNDIP yang berpartisipasi dalam kompetisi ini:

Nama Lengkap Program Studi Angkatan
Bilal Muhammad Matematika 2021
Muhammad Syahid Matematika 2021
Aisyah Nur Adillah Matematika 2021
Laila Karimatul Fadhilah Matematika 2021
Pinta Noer Adresti Matematika 2021

Atas kerja keras dan kreativitas mereka, tim SLA-MATH berhasil membawa pulang medali perunggu sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusi mereka dalam bidang pendidikan matematika. Prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama UNDIP, tetapi juga menunjukkan potensi besar mahasiswa Indonesia dalam inovasi pendidikan di kancah internasional.

Keberhasilan tim mahasiswa Matematika UNDIP dalam kompetisi internasional ini menjadi bukti nyata bahwa inovasi dalam pendidikan, khususnya matematika, dapat dilakukan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. SLA-MATH membuka peluang baru dalam metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika melalui gamifikasi.

Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan civitas akademika lainnya untuk terus berinovasi dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.