Pada tanggal 19-20 Mei 2025, lima mahasiswa dari Program Studi Matematika Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang 2nd International Education Innovation Competition yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Sultan Idris, Tanjung Malim, Perak, Malaysia. Mereka berhasil meraih medali perunggu atas inovasi mereka yang berjudul “SLA-MATH: A Fun and Interactive Game for Understanding Mathematics.”
| Keterangan | Informasi |
|---|---|
| Nama Acara | 2nd International Education Innovation Competition |
| Waktu | 19-20 Mei 2025 |
| Tempat | Universitas Pendidikan Sultan Idris, Tanjung Malim, Perak, Malaysia |
Inovasi yang dikembangkan oleh tim mahasiswa Matematika UNDIP ini bernama SLA-MATH, singkatan dari Snakes and Ladders of Mathematics. SLA-MATH merupakan sebuah alat pembelajaran berbasis gamifikasi yang memodifikasi permainan ular tangga menjadi media pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan dan interaktif. Dengan pendekatan ini, konsep-konsep matematika dapat dipahami dengan cara yang lebih menarik dan mudah dicerna oleh para pelajar.
Berikut adalah daftar anggota tim mahasiswa Matematika UNDIP yang berpartisipasi dalam kompetisi ini:
| Nama Lengkap | Program Studi | Angkatan |
|---|---|---|
| Bilal Muhammad | Matematika | 2021 |
| Muhammad Syahid | Matematika | 2021 |
| Aisyah Nur Adillah | Matematika | 2021 |
| Laila Karimatul Fadhilah | Matematika | 2021 |
| Pinta Noer Adresti | Matematika | 2021 |
Atas kerja keras dan kreativitas mereka, tim SLA-MATH berhasil membawa pulang medali perunggu sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusi mereka dalam bidang pendidikan matematika. Prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama UNDIP, tetapi juga menunjukkan potensi besar mahasiswa Indonesia dalam inovasi pendidikan di kancah internasional.

Keberhasilan tim mahasiswa Matematika UNDIP dalam kompetisi internasional ini menjadi bukti nyata bahwa inovasi dalam pendidikan, khususnya matematika, dapat dilakukan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. SLA-MATH membuka peluang baru dalam metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika melalui gamifikasi.
Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan civitas akademika lainnya untuk terus berinovasi dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

