Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Mahasiswa "Kudu" Bijak Menggunakan Media Sosial

oleh | Mar 7, 2016

Sumber : http://www.jsums.edu/socialmedia/files/2015/05/SocialMedia.jpg

Pada zaman yang serba digital sekarang ini, media sosial sangat mempengaruhi perilaku dan keseharian mahasiswa. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, kebanyakan mahasiswa selalu update media sosialnya, mulai dari twitter, instagram, line, bbm, whatssapp, dll. Bahkan, tidak jarang yang kecanduan atau berlebihan menggunakan media sosial yang mengakibatkan tugas utamanya justru terabaikan. Nah, sebagai mahasiswa, tentunya harus bijak dalam menggunakan media sosial. Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk bijak menggunakan media sosial (diolah dari berbagai sumber).

  1. Hati-hati ketika men-share informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, no HP, dll ke publik atau pihak tertentu. Pastikan penerima informasi yang dituju adalah pihak-pihak yang bertanggungjwab, jangan sampai menjadi korban phishing atau sejenisnya
  2. Selalu gunakan etika/norma ketika berinteraksi dengan siapapun di media sosial, walaupun tidak saling mengenal, karena apapun yang akan di-posting di media sosial dapat dilihat oleh publik
  3. Pastikan siapa saja semua pengikut/teman akun media sosial, hati-hati terhadap akun-akun yang tidak dikenal karena tidak ada jaminan akun tersebut adalah akun yang dapat dipertanggungjawabkan
  4. Pastikan apapun yang di-posting di akun media sosial adalah posting-an yang tidak mengandung unsur SARA
  5. Pastikan untuk mencantumkan sumber konten posting-an jika mem-posting suatu hal hasil karya orang lain misalnya quotes atau sejenisnya
  6. Jangan memproduksi atau me-repost apapun yang belum jelas sumbernya
  7. Manfaatkan sebesar mungkin media sosial untuk menunjang proses pengembangan diri mulai dari ilmu pengetahuan, berbagi materi kuliah, koordinasi dalam organisasi, bisnis, dll.
  8. Gunakan sebesar-besarnya media sosial untuk menunjang produktivitas seperti mengerjakan tugas, skripsi, dll
  9. Gunakan untuk membangun jaringan yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai macam hal misalnya saat mencari pekerjaan, menjalin rekan bisnis, dll