KKN Mahasiswa Series #65: MAHASISWA KKN UNDIP MELAKUKAN PENGAJARAN OPERASI MATEMATIKA YANG MENARIK:  MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN BATANG NAPIER

oleh | Jul 30, 2024

MAHASISWA KKN UNDIP MELAKUKAN PENGAJARAN OPERASI MATEMATIKA YANG MENARIK:  MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN BATANG NAPIER

Desa Mertoyudan, Magelang (29/7/2024) – Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP 2024, Elsa Septiani Purba, mahasiswa departemen Matematika Fakultas Sains dan Matematika melakukan pendampingan pengembangan pembelajaran di SD Negeri 03 Mertoyudan, program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan anak dalam menghitung perkalian melalui Batang Napier kepada siswa/siswi di SD Negeri 03 Mertoyudan.

Batang/tulang napier adalah salah satu alat peraga matematika berupa batang yang berisi sejumlah indeks, dan bilangan, tabel di batang napier diisi dengan bilangan cacah. Batang napier digunakan untuk menentukan hasil perkalian dan pembagian. Perkalian bilangan dengan menggunakan batang napier yaitu dengan menerjemahkan persoalan perkalian menjadi persoalan penjumlahan.

Batang napier dirancang oleh John Napier untuk menyederhanakan tugas berat dalam perkalian misalnya perkalian bilangan dua digit atau lebih, dengan mengubah operasi perkalian menjadi operasi penjumlahan.

Bentuk media yang diberikan oleh Elsa dalam menghitung perkalian dengan “Batang Napier” memudahkan anak-anak untuk memahami konsep perkalian dan membuat mereka lebih tertarik dalam berhitung dengan adanya alat berhitung.

Program ini mendapat sambutan positif dari para guru dan murid. Beberapa guru tertarik dengan metode ini dan mencoba mempraktikannya, dan para murid di kelas juga aktif dalam membantu mengisi tabel perkalian yang ada di batang napier, kemudian mencoba mengerjakan latihan soal yang diberikan.

Melalui program ini, mahasiswa KKN UNDIP berharap dapat memberikan kontribusi nyata dengan mengedukasi mengenai cara kerja alat peraga batang napier, memodelkan operasi perkalian menjadi operasi penjumlajan. “Perkalian menggunakan batang napier lebih mudah dipahami dan tidak merasa bosan saat berhitung. Menghitung perkalian angka puluhan, ratusan, dan ribuan juga jadi lebih cepat menggunakan cara ini,” ungkap salah satu siswa kelas 3 SD Negeri 03 Mertoyudan.

Program ini diharapkan dapat terus berkembang dan membawa dampak positif bagi para siswa dalam memahami dan mengerjakan operasi perkalian lebih mudah dan efektif dengan “Batang Napier”.