Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

KKN Mahasiswa Series #54: Gembira Bersama Matematika: Kartu Kriptografi “Cypher” sebagai Inovasi Media Pembelajaran Matematika di SMPN 2 Tirtomoyo

oleh | Agu 17, 2024

Gembira Bersama Matematika: Kartu Kriptografi “Cypher” sebagai Inovasi Media Pembelajaran Matematika di SMPN 2 Tirtomoyo

Kegiatan Pembelajaran Matematika Menggunakan Kartu Kriptografi “Cypher” pada Siswa Kelas 9 SMPN 2 Tirtomoyo

Tirtomoyo (16/08/2024) – Salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (UNDIP) telah meluncurkan program “Gembira Bersama Matematika” di SMPN 2 Tirtomoyo. Dalam program ini, kartu kriptografi “Cypher” digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa SMP. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan.

Program “Gembira Bersama Matematika” dirancang untuk mengubah anggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Siswa diajak untuk memecahkan tantangan matematika melalui teka-teki dan permainan dengan menggunakan kartu kriptografi “Cypher”. Kartu kriptografi “Cypher” adalah alat peraga yang memanfaatkan konsep-konsep matematika dasar, seperti operasi aritmatika dan pola bilangan.

Dalam pelaksanaan program, siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari lima anggota untuk bekerja sama menyelesaikan tantangan yang ada di kartu Cypher. Setiap kartu berisi tantangan kriptografi yang harus dipecahkan siswa, mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Kegiatan ini tentunya memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menyenangkan.

Guru Matematika SMPN 2 Tirtomoyo, Ibu Meking, menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. “Inovasi seperti ini sangat diperlukan untuk membuat matematika lebih hidup dan menyenangkan bagi siswa. Kami berharap program ini dapat mengubah pandangan siswa terhadap matematika sebagai pelajaran yang menarik dan penuh tantangan,” ujarnya.

Penyerahan Kartu Kriptografi “Cypher” dan Modul Pembelajaran Kepada Guru Matematika SMPN 2 Tirtomoyo

Siswa yang terlibat dalam program ini mengaku senang dengan metode pembelajaran baru ini. “Kegiatan pembelajaran matematika dengan kartu Cypher sangat seru dan menyenangkan. Walaupun awalnya terasa rumit, tapi tidak membosankan dan menantang bagi saya,” kata Adelia, salah satu siswa kelas 9.

Agar program ini tetap berlanjut, dibuat juga sebuah modul kegiatan pembelajaran menggunakan kartu kriptografi “Cypher” untuk guru matematika SMP. Harapannya program ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain dalam menerapkan metode pembelajaran matematika yang lebih menarik. Sekolah dapat menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan melalui kegiatan permainan dan aktivitas kreatif dalam kurikulum, sekaligus menumbuhkan kecintaan siswa terhadap matematika.

Foto Bersama Siswa Kelas 9 SMPN 2 Tirtomoyo

Inovasi yang diperkenalkan oleh mahasiswa KKN UNDIP ini merupakan langkah positif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia. Melalui program “Gembira Bersama Matematika”, diharapkan siswa dapat melihat matematika sebagai bidang yang menarik dan penuh potensi.

Penulis: Refionica Agustin