KKN Mahasiswa Series #36: Mengubah Paradigma Matematika: Inovasi Modul Pembelajaran Kreatif untuk Siswa SD di Desa Saradan

oleh | Agu 10, 2024

Pemalang, 8/8 – Dalam era penerapan Kurikulum Merdeka, tantangan dalam dunia pendidikan semakin kompleks, terutama dalam hal memotivasi siswa untuk belajar matematika. Di Desa Saradan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, tantangan ini terlihat nyata, khususnya di kalangan siswa kelas 6 Sekolah Dasar (SD). Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan, yang mengakibatkan banyak siswa kehilangan minat untuk belajar. Selain itu, buku panduan belajar yang ada dirasa kurang rinci dan jelas, memperburuk situasi ini.

Untuk mengatasi masalah ini, Muhammad Syahrul Zakki, mahasiswa program studi Matematika, melakukan intervensi melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan merancang modul pembelajaran kreatif yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Modul ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 SD, khususnya di tiga SD Negeri yang ada di Desa Saradan. Tujuan utamanya adalah membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami, serta mengubah pandangan mereka terhadap matematika.

Program ini melibatkan berbagai pihak, termasuk tim mahasiswa KKN di Desa Saradan, para guru kelas 6 di tiga SD Negeri di Desa Saradan, serta seluruh siswa kelas 6 di sekolah-sekolah tersebut. Kegiatan ini dimulai dengan survei awal pada minggu pertama KKN untuk mengukur tingkat pemahaman dan motivasi siswa terhadap matematika. Penyusunan modul dilakukan dengan melibatkan para guru dalam proses konsultasi guna memastikan modul yang dibuat sesuai dengan karakteristik siswa di Desa Saradan dan Kurikulum Merdeka.

Pada tanggal 8-9 Agustus, tim mahasiswa KKN melakukan penyuluhan di tiga SD di Desa Saradan mengenai penerapan materi dalam modul. Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan memberikan latihan soal yang disesuaikan dengan isi modul dan dirancang untuk melatih kemampuan berpikir logis dalam matematika.

Dengan hadirnya modul pembelajaran kreatif ini, diharapkan siswa dapat lebih menikmati proses belajar matematika dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Program ini juga menjadi langkah awal dalam upaya mengubah paradigma terhadap matematika, dari yang awalnya dianggap menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Penulis: Muhammad Syahrul Zakki
Dosen Pembimbing Lapangan: Sigit Febrianto, S. Kel., M. Si.