Matematika adalah salah satu mata pelajaran inti di tingkat sekolah dasar. Namun, tak jarang juga matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dihindari. Para siswa sering menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang membingungkan dan kurang menyenangkan. Padahal, matematika sangat berguna di kehidupan sehari-hari.
Penerapan matematika sangat luas. Matematika diterapkan ketika kegiatan jual-beli. Bahkan, matematika juga digunakan berbagai rumpun keilmuan, baik sains maupun sosial humaniora. Hal ini membuktikan bahwa matematika sangat relevan dan diperlukan di kehidupan nyata.
Sayangnya, banyak siswa sekolah masih memandang matematika merupakan mata pelajaran yang susah, bahkan sampai ditakuti. Padahal, matematika merupakan mata pelajaran yang menyenangkan apabila ditekuni lebih lanjut.

Mahasiswa KKN-Tematik Undip Tim 152 menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Metode pembelajaran yang menyenangkan dikenalkan dengan bermain selagi menerapkan ilmu matematika. Materi yang diajarkan adalah salah satu topik dasar dalam ilmu matematika, yaitu sistem koordinat kartesius. Para siswa yang terlibat di kegiatan ini, yaitu siswa kelas VI SD Negeri 1 Mijen, Kabupaten Demak pada bulan Mei 2025.
Siswa kelas VI SD Negeri 1 Mijen yang berjumlah 25, dibagi menjadi 5 kelompok, kemudian dikenalkan dengan pixel art, yaitu seni mewarnai kotak sesuai dengan kode warna yang ditentukan. Dalam hal ini, kode warnanya menggunakan titik pada koordinat kartesius, yaitu (x,y) dengan x mewakili sumbu horizontal dan y mewakili sumbu vertikal. Para siswa terlihat antusias dan senang, serta semangat dalam menyelesaikan pixel art. Selain belajar matematik, mereka juga mengasah kemampuan kerja tim dan komunikasi. Hal ini sesuai dengan konsep sociocultural learning untuk mengembangkan tingkat kognitif siswa.
Selain itu, untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kegiatan ini juga digabungkan dengan pengenalan konsep dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), terutama dalam hal edukasi tanaman. Pixel art sebagai sarana untuk belajar, merepresentasikan titik-titik koordinat menjadi sebuah gambar dan gambar yang dihasilkan adalah tanaman, sehingga dapat menjadi pengantar untuk pengenalan jenis tanaman yang dapat dirawat dengan cara penanamannya yang sederhana, sampai dengan alternatif media tanam yang mudah dan dapat digunakan di rumah saja.

Kegiatan ini memberikan motivasi dan wawasan kepada para siswa kelas VI SD Negeri 1 Mijen tentang penerapan ilmu matematika. Melalui kegiatan ini, para siswa memberikan respon positif dan pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan bagi para siswa. “Seru, bisa mengenal lebih matematika lebih jauh dan tidak sesusah yang dibayangkan”, ucap Damar, salah satu siswa kelas VI. Fiana juga mengatakan, “Belajar matematika ternyata menyenangkan dan seru”
Bapak Sukiswanto sebagai kepala sekolah mengatakan, “Kegiatan yang dilakukan sudah cukup bagus dan cukup bermanfaat.” Bapak Muh. Nasir selaku wali kelas VI juga mengutarakan, “Setelah saya tanyakan ke anak-anak, pembelajarannya menyenangkan karena sambil bermain dan tidak monoton, sehingga anak-anak tidak bosan. Matematika terasa lebih menyenangkan dengan pembelajaran yang dilakukan dengan permainan yang diberikan.”
Hal ini membuktikan bahwa matematika tidak cuma hitung menghitung, tetapi juga dapat menyenangkan apabila disatukan dengan kegiatan yang menyenangkan juga.

