Kegiatan ini adalah program pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro (UNDIP) berupa pembelajaran kriptografi berbasis aritmatika untuk siswa dan siswi SD. Aktivitas ini dirancang melalui konsep permainan interaktif “Petualangan Peta Cendekia,” yang menggabungkan edukasi matematika dengan eksplorasi dan pemecahan kode rahasia. Tim pengabdian Masyarakat Fakultas Sains dan Matematika mengadakan kegiatan berjudul “Pembelajaran Kriptografi Berbasis Aritmatika dengan Petualangan Peta Cendekia di SDN Penawangan 01” yang dikolaborasikan dengan tim pengabdian dari IndoMS DIY – Jawa Tengah Mengabdi yang berjudul “Inovasi Pembelajaran Gamifikasi Petualangan Peta Cendekia dengan Operasi Bilangan di SDN Penawangan 01 Kabupaten Semarang”.
Gambar 1. Pengabdian Masyarakat Tim IndoMS DIY-Jateng Mengabdi dan Tim PPM FSM UNDIP di SDN Penawangan 01
Pengabdian ini dilakukan oleh tim mahasiswa bersama dosen dari program studi matematika dan program studi pendidikan matematika yang terdiri dari Suffi Nuralesa (Mahasiswa Matematika UNDIP 2022), Suhaila Faiza Rahma (Mahasiswa Matematika UNDIP 2022), Hastary Furry Andrie (Mahasiswa Matematika UNDIP 2023), Almira Aulia Said (Mahasiswa Pendidikan Matematika UNNES 2022), Sania Qurrotun Nada (Mahasiswa Pendidikan Matematika UNNES 2022), Fatkhan Iqbalul Khaq (Mahasiswa Matematika UNDIP 2023), Ferdinandus Riyandika Pratama (Mahasiswa Matematika UNDIP 2023) dengan bimbingan dari dosen pembimbing yaitu Benediktus Panji Pradipta, S.Si., M.Sc., Drs. Yusephus Decupertino Sumanto, M.Si., Handika Lintang Saputra, M.Mat., dan Dr. Mu’amar Musa Nurwigantara, S.Si.. Pesertanya adalah siswa-siswi SDN Penawangan 01 kelas 3 dan 4 yang berjumlah 52 peserta, dengan dukungan penuh dari pihak sekolah, termasuk guru dan kepala sekolah.
Gambar 2. Pengajaran di SDN Penawangan 01
Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 04 November 2024. Lokasi kegiatan bertempat di SDN Penawangan 01, Krajan, Penawangan, Kec. Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dengan ruang kelas sebagai tempat sesi pembelajaran.
Gambar 3. Pemenang Sesi Petualangan Peta Cendekia
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep operasi bilangan dan kriptografi dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Pembelajaran dimulai dengan pengenalan konsep operasi bilangan yang dilanjut memperkenalkan kriptografi menggunakan contoh sederhana, seperti kode rahasia berbasis aritmatika. Siswa kemudian diajak bermain “Petualangan Peta Cendekia,” dimana mereka harus melewati beberapa rintangan dengan memecahkan suatu permasalahan untuk menemukan harta karun. Setiap kelompok dipandu oleh tim mahasiswa dan juga para dosen untuk memastikan pemahaman mereka selama kegiatan berlangsung. Melalui pembelajaran berbasis permainan dengan meggunakan Petualangan Peta Cendekia, siswa dan siswi diharapkan dapat melatih logika, kreativitas, keterampilan pemecahan masalah, dan menjadi pribadi kritis. Program ini juga bertujuan memupuk rasa suka terhadap matematika sejak dini.